Sabtu, 29 Oktober 2011

SEMINAR SEHARI DIMENSI SOSIAL PADA PENELITIAN PERTANIAN

         Dr. Joanna Miller, Peneliti dan Staf Pengajar dari Charles Sturt University Australia, mengatakan, agar hasil kegiatan penelitian mempunyai dampak yang berguna, dimensi sosial harus dilakukan. Hal itu terungkap dalam Seminar se-hari Dimensi Sosial Dalam Penelitian Pertanian (Social Dimension Of Agricultural Research). Bertempat di Auditorium BPTP Sumatera Barat, Jln Raya Padang Solok KM 40 Sukarami, pada tanggal 24 juni 2011. Seminar ini dilakukan atas kerjasama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat, dan Charles Sturt University, Seminar ini diikuti oleh 100 orang Peneliti, Penyuluh dan Staf Teknis dari BPTP Sumbar, Balitbu Tropika dan Balitro Laing Solok, serta simpatisan lainnya. Nara sumber dalam seminar itu adalah Dr. Joanna Miller, dosen dan peneliti soaial dari Charles Sturt Univesity Australia.

          Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan professional para peneliti/penyuluh pertanian, dan penentu kebijakan mengenai dimensi sosial masyarakat.

           Kepala BPTP Sumbar Dr. Prama Yufdy, sewaktu membuka seminar itu mengucapkan terimakasih kepada Dr. Joanna Millar dari Sturt University sebagai narasumber, Crawford Fund penyandang dana dan Ir. Firdos Nurdin (Ketua Green Indonesia Community). Selama ini kita kurang memperhatikan dimensi sosial terhadap kegiatan pengkajian dan penelitian kita. Dimensi sosial sangat perlu diperhatikan, agar dampak atau impact poin dapat terjadi dibelakang hari. “Saya mengharapkan agar kita semua memetik pelajaran dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, ini kesempatan emas bagi kita untuk menimba ilmu yang seringkali dinomor duakan dalam kegiatan kita yang didominasi oleh aspek teknis,” Mudah-mudahan semua itu dapat memberi manfaat bagi pembangunan di masa yang akan datang. A.Syufri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar